Cara Menghasilkan Uang Tanpa Harus Kerja di Kantor - Part #1


MariBung - Halo sahabat, siap untuk menghasilkan uang tanpa harus kerja di kantor? seharusnya tidak ada alasan untuk kita berdiam diri ketika belum dapat pekerjaan. Sebagai orang Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa dan kaya akan SDA maka kalau anda merasa putus asa dalam hal karir dan hanya berdiam diri, tentu saja itu salah anda.

 'If you are born poor its not your mistake, But if you die poor its your mistake.'
- Bill Gates
Hari ini kita akan membahas bagaimana sih cara untuk mendapatkan pemasukan (uang) tanpa harus kerja di kantor? Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan ketika kamu berstatus Pengangguran. Salah satunya adalah mencari pekerjaan di dunia maya. Di dunia maya atau internet anda bisa menemukan banyak lowongan / kesempatan mendapatkan penghasilan. Pekerjaan apa saja yang ditawarkan? Sebenarnya ada banyak sekali pekerjaan yang ditawarkan di internet. Misalnya: Desainer, Programmer, Penulis, Translator, Internet Marketer, dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara memulainya?

Sebagai seorang pencari kerja tentu anda harus berbekal skill untuk bersaing dengan beberapa orang untuk mendapatkan pekerjaan anda di internet. Tapi jangan khawatir, skill adalah nomer ke-sekian.. yang pertama adalah niat dan keberanian untuk memulai.

1. Berjualan di Envato Market

Envato Market: Untuk jual desain yang kamu buat

Envato Market - Apa sih itu envato market? Envato adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia barang-barang kreatif, seperti desain yang sudah jadi, program yang sudah jadi, bahkan animasi pun bisa dijual disini.

Envato memiliki beberapa kategori berdasarkan barang yang dijualnya, antara lain:

  • Themeforest (Jual Desain Website, Email, Wordpress Theme, dan sejenisnya)
  • Codecanyon (Jual program yang sudah jadi, plugin, dan sejenisnya)
  • Videohive (Jual video-video kreatif)
  • Audiojungle (Jual musik dan audio)
  • Graphicriver (Jual Desain grafis, logo, brosur, kartu nama, dan sejenisnya)
  • Photodune (Jual karya fotografi)


Nah, untuk memulai berjualan di Envato, anda harus membuat akun terlebih dahulu. Apa fungsi akun? anda bisa menggunakan akun anda untuk merjualan produk anda di envato atau untuk membeli produk yang ada di envato.

Untuk berjualan produk di envato anda harus sedikit bekerja keras. Karena produk yang dipasarkan disini harus memenuhi kriteria dari envato, jadi tidak sembarang produk bisa lolos dan dipasarkan disini.

Bagaimana cara kerjanya? Envato menawarkan beberapa pilihan tergantung teknik marketingnya. Begitu juga harga di tentukan oleh Envato (bukan anda yang menentukan harga). Envato akan mengenakan biaya persenan untuk barang atau produk yang anda jual. Jangan khawatir, kalo masih bingung anda bisa bertanya ke teman-teman yang sudah terjun ke envato (author dari Indonesia lumayan banyak loh..). Tertarik?

Website: http://market.envato.com/

2. Bekerja Sebagai Desainer di 99Designs.com

99Designs: Bekerja sebagai logo designer, web designer, dll

99 Designs - Nah saya akan mengulas tentang 99designs menurut pengalaman saya pribadi. 99designs adalah situs yang sangat responsive dalam hal pekerjaan anda sebagai freelancer. Saya sendiri sudah merasakannya bagaimana kemudahan untuk berkomunikasi dengan klien.

Okay, berkenalan dulu dengan 99designs. 99designs adalah situs penyedia "lowongan kerja" untuk kategori desain. Di sini bukan disebut lowongan kerja, tapi kontes "Contest". Mengapa kontes? ya karena disini anda akan dituntut untuk bekerja menghasilkan karya sesuai dengan permintaan penyedia kontes (Contest Holder). Apabila karya anda dinilai sudah memenuhi apa yang contest holder cari maka anda akan dipilih sebagai pemenang dan berhak atas hadiah / imbalan berupa uang.

Tiap harinya di 99designs selalu ada saja kontes baru, bahkan per harinya anda bisa menemukan 1,000 + kontes yang sedang berjalan. Mulai dai kontes logo, web desain, t-shirt desain, dll.

Ingin tahu lebih banyak tentang 99Designs? jangan ragu bertanya! Anda bisa bertanya di kolom komentar!

Website: 99designs.com

3. Bekerja Sebagai Freelancer di Freelancer.co.id

Freelancer: Bekerja sebagai desainer, programmer, penulis, translator, dll

Freelancer - Kalau di freelancer (nama web), anda bisa menemukan sangat-sangat banyak lowongan. Apaa...? Lowongan....? Iya, lowongan. Di sini sistem kerjanya adalah anda harus melakukan penawaran terlebih dahulu, jika deal barulah anda menggarap project yang anda menangkan.

Di freelancer persaingannya lumayan ketat (mohon maaf, menurut saya freelancer sedikit susah untuk newbie). Selain itu nilai atau upah yang ditawarkan di freelancer bisa dibilang kecil dibandingkan dengan 99Designs (kalau di 99designs upahnya lebih besar).

Website: Freelancer.co.id


Jadi, yang mana pilihanmu? Masih ragu? kalau anda ragu dengan skill anda. Anda tidak perlu takut. Anda bisa belajar secara gratis di beberapa website yang menyediakan pembelajaran gratis untuk anda (sesuai minat anda). Anda dapat menemukannya di sini -> 25 Website Untuk Belajar Online Secara Gratis

Sekian artikel mengenai Cara Menghasilkan Uang Tanpa Harus Kerja di Kantor - Part #1
Sampai jumpa pada artikel-artikel selanjutnya!

Cheers :)
SHARE

Unknown

Mahesa adalah Designer Web dari Bali, Indonesia. Bekerja sebagai web designer freelance sejak 2010. Dengan empat tahun pengalaman dalam desain web, pemrograman, dan pemasaran email di Setudio

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. Thanks for your ideas and it was very useful information of How To Make Money Without Having to Work at the Office .
    Thank you

    BalasHapus